Home » , » IPA Kelas 6 : Ciri-Ciri Khusus Pada Tumbuhan

IPA Kelas 6 : Ciri-Ciri Khusus Pada Tumbuhan

Posted by Rangkuman Pelajaran dan Soal SD SMP SMA on Friday 29 July 2016


Materi ini disajikan untuk siswa kelas 6 SD

1. Kantong Semar
Kantong semar disebut juga tumbuhan insektivora (tumbuhan pemakan serangga). mempunyai kantong jerat yang dapat mengeluarkan cairan yang sangat lengket. apabila ada serangga yang terperangkap maka tidak dapat keluar lagi dan akan dicerna oleh kantong semar. biasanya hidup di tanah lembab yang mengandung sedikit gas nitrogen, nitrogen yang diperlukan diperoleh dari serangga.

2. Venus
Venus adalah tumbuhan pemakan serangga, bentuknya menyerupai buku yang terbuka. daunnya berbulu dan berengsel sehingga dapat membentang lebar. bulu pada daun berfungsi menerima rangsangan ketika ada serangga yang menyentuh bulu sehingga daun akan mengatup ketika dihinggapi serangga

3. Kaktus
Kaktus tumbuh di daerah panas dan kering. akarnya yang panjang masuk ke dalam tanah dan menyebar ke banyak tempat. akar bertugas menyerap air sebanyak-banyaknya dan menyimpannya di batang. Batang kaktus mampu menyimpan cadangan air, dan dilindungi oleh lapisan lilin sehingga air tidak mudah hilang karena penguapan.daun kaktus mengalami perubahan bentuk menjadi duri. bentuk daun seperti ini berguna untuk mengurangi penguapan dan melindungi dari gangguan hewan.

4. Teratai
Teratai mempunyai daun yang lebar dan tipis, serta batangnya berongga berisi udara. daun teratai berfungsi untuk mempercepat penguapan dan membuat teratai dapat mengapung di permukaan air untuk menerima sinar matahari. batangnya berongga udara berfungsi untuk membantu proses bernafas dalam air.

5. Eceng Gondok
Eceng gondok mempunya batang yang menggelembung dan berisi udara, membuat eceng gondok menjadi ringan dan mengapung di permukaan air.

6. Bunga Bangkai
Dikenal juga dengan nama Raflesia Arnoldi, memiliki ciri khusus yaitu bunga terbesar di dunia dan mengeluarkan bau busuk, bau busuk ini mampu mengundang lalat yang selanjutnya dapat membantu proses penyerbukan.

7. Mawar
Mawar memiliki bunga yang indah. Mawar memiliki duri-duri yang tajam pada batangnya, fungsinya untuk melindungi diri dari musuh. musuh yang mendekat akan terkena duri dari mawar.

8. Lidah Buaya
Lidah buaya menyimpan air di dalam daunnya. jika dibelah bagian tengah daunnya berlendir, dan dilindungi lapisan lilin. ditepi daun terdapat duri fungsinya untuk melindung diri dari musuhnya.

Uji Pemahaman

1. Mengapa teratai dapat tetep hidup meskipun batangnya terendam di dalam air?
Jawab:
karena batang teratai berongga dan berisi udara, membantunya untuk bernafas di dalam air, daunnya yang lebar dan tipis membantunya tetap terapung di permukaan air untuk mendapatkan sinar matahari.

2. Mengapa tumbuhan kantong semar memakan serangga?
Jawab:
Karena kantong semar tumbuh di tanah lembab yang mengandung sedikit gas nitrogen, untuk memenuhi kebutuhan gas nitrogennya kantong semar memperolehnya dari serangga.

3. Jelaskan bau busuk pada Rafflesia Arnoldi?
Jawab: fungsinya untuk mengundang lalat yang akan membantu dalam proses penyerbukan

4. Dimanakah lidah buaya menyimpan cadangan airnya?
Jawab:
Di daunnya.

5. Apa fungsi daun yang berbulu dan berengsel pada tumbuhan venus?
Jawab:
Untuk menerima rangsangan ketika ada serangga yang menyentuhnya sehingga daun venus akan mengatup untuk menangkap mangsanya.

Referensi: LKS IPA untuk kelas 6 SD Semester Ganjil


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}