Home » , » IPA Kelas 6 : Ciri Khusus Pada Hewan

IPA Kelas 6 : Ciri Khusus Pada Hewan

Posted by Rangkuman Pelajaran dan Soal SD SMP SMA on Thursday 28 July 2016



1. Kelelawar
Saat terbang, kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi (ultrasonik) dari mulutnya. Getaran suara ini akan mengenai benda di depannya, kemudian dipantulkan kembali. pantulan bunyi tersebut selanjutnya diterima oleh telinga kelelawar, sehingga kelelawar dapat menentukan arah serta jarak benda di depannya.
kemampuan ekolokasi yaitu kemampuan kelelawar dalam memperkirakan jarak suatu benda dengan mendengarkan gema / pantulan bunyinya.

2. Cecak
Cecak memiliki kaki berperekat sehingga tidak jatuh meskipun berjalan di dinding dan langit-langit rumah.
kemampuan autotomi yaitu kemampuan cecak untuk mengelabui musuhnya dengan cara memutuskan ekornya, ekor cecak dapat tumbuh kembali. cecak memiliki lidah yang panjang dan lengket berguna untuk menangkap serangga yang terbang.

3. Bebek
Kaki bebek dilangkapi selaput, kaki berselaput membuat bebek tidak tenggelam di lumpur. paruh bebek dilengkapi penyaring berguna ketika mencari cacing di tempat berlumpur. bulu bebek tidak basah meski terkena air, karena bulu bebek dilapisi minyak.

4. Unta
Unta dapat bertahan hidup di padang pasir yang panas dan jarang air. unta dapat tahan tanpa minum berhari-hari, karena ketika ada air unta minum sebanyak-banyaknya kemudian disimpan di dalam lambungnya, apabila melakukan perjalanan di gurun, air dalam lambungnya akan digunakan sedikit demi sedikit. Unta juga memiliki cadangan makanan berupa lemak pada punuknya. Unta juga memiliki telapak kaki yang tebal sehingga tidak kepanasan, juga bulu mata yang panjang untuk menghalangi pasir masuk ke mata unta.

5. Bunglon
Bunglon dapat mengelabui musuh dengan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna lingkungan di sekitarnya, dan kemampuan ini disebut mimikri. Bunglon memiliki lidah yang panjang dan lengket berguna untuk menangkap mangsanya secara cepat.

6. Landak
Bulu landak mengandung ribuan duri yang dihasilkan dari otot-otot kulit. apabila diserang landak akan menggulung tubuhnya, bulu kerasnya akan mengembang dan menusuk kepada musuhnya yang mencoba menyentuhnya.

7. Tupai
Tupai memiliki ekor yang panjang berumbai, berfungsi sebagai alat keseimbangan dan kemudi, sehingga memudahkan melompat dari pohon satu ke pohon yang lainnya. tupai memiliki mata yang jeli sehingga dapat memperkirakan jarak yang tepat.

8. Gajah
Gajah memiliki belalai untuk mencari makan. mempunyai daun telinga yang besar, serta kulit tebal dan berkerut. daun telinga yang besar berfungsi untuk mengusir hewan-hewan kecil yang menggangu dengan cara mengibas-ngibaskannya. kulitnya yang berkerut berguna untuk memperluas permukaan tubuh sehingga mudah menghilangkan panas tubuh.bulu yang tumbuh pendek dan tipis, jadi gajah tidak kepanasan.

Uji Pemahaman

1. Bagaimana cara kelelawar menentukan jenis arah serta jarak benda di depannya?
Jawab:
Dengan mengeluarkan suara ultrasonik yang apabila mengenai benda pantulan bunyinya akan diterima kembali oleh kelelawar karena itu kelelawar dapat menentukan jarak dan posisi benda di depannya.

2. Bagaimana cara bunglon mencari makan?
Jawab:
Dengan lidahnya yang panjang dan lengket dibantu oleh sistem penyamarannya warna tubuhnya terhadap lingkungan di sekitarnya.

3. Jelaskan ciri khusus landak yang digunakan untuk melindungi diri!
Jawab:
landak akan mengembangkan durinya untuk melindungi tubuhnya dari musuhnya.

4. Jelaskan fungsi ekor tupai!
Jawab:
Ekor tupai panjang berfungsi sebagai alat keseimbangan dan kemudi.

5. Mengapa kulit gajah berkerut?
Jawab:
Untuk memperluas permukaan tubuh sehingga menghilangkan panas tubuhnya.

Referensi : LKS IPA untuk kelas 6 SD Semester ganjil


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}